09 September 2008

Konservasi Orangutan Perlu Dipelajari di Sekolah

Sumber: Antara, 08 September 2008

Palangka Raya

Pendidikan tentang konservasi orangutan (Pongo pygmaeus) perlu dimasukkan ke dalam kurikulum pelajaran sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai upaya melestarikan satwa langka tersebut. "Program pendidikan konservasi orangutan dapat dimasukkan dalam kurikulum sekolah, misalnya dalam mata pelajaran muatan lokal," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Mega Harianto, pekan lalu, di Palangka Raya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng pernah menetapkan materi tambahan berupa pelajaran tertib lalu lintas, antikorupsi, dan antinarkoba, meski dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Menurut Mega, upaya memasukkan konservasi orangutan ke dalam kurikulum didasari besarnya populasi orangutan di Kalteng yang mencakup 70 persen dari populasi orangutan se-Kalimantan.

Karena itu, katanya, pendidikan konservasi orangutan menjadi salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga habitat satwa yang terancam punah itu. Pengenalan anak sekolah terhadap orangutan dan habitatnya, dinilai cukup efektif untuk menumbuhkan pemahaman tentang perlindungan populasi orangutan.
Perburuan
Pendidikan serupa diharapkan juga dapat dilakukan kepada masyarakat lokal yang masih mengonsumsi daging orangutan, karena perburuan orangutan sebagai bahan makanan telah mengancam kepunahan satwa itu. Konservasi orangutan, lanjutnya, tidak hanya menjadi tanggung jawab institusi yang bekerja pada bidang konservasi alam, melainkan juga melibatkan semua pihak serta institusi terkait.

Kalangan aktivis lingkungan sebelumnya menyoroti mulai menghilangnya sejumlah satwa langka yang merupakan spesies endemis Kalteng dalam beberapa tahun terakhir akibat minimnya program konservasi satwa dari pemerintah. [Ant/M-15]

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online