02 September 2008

Kondisi Kera di WWP Malang Memprihatinkan

Sumber: Antara, 01 September 2008

Malang

Kondisi kera di objek wisata Wendit Water Park (WWP) yang berlokasi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, semakin lama semakin memprihatinkan. Ketua Karang Taruna Mandiri Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, Iwan Yulianto, Sabtu (30/8), mengatakan, populasi kera di kawasan WWP itu sebelumnya sekitar 600 ekor. Kini, tinggal 300 ekor karena banyak yang mati akibat kekurangan makan.

"Padahal, keberadaan kera tersebut merupakan ikon taman wisata Wendit," katanya di sela-sela aksi sosial komunitas Jurnalis Kanjuruhan (KJ) yang memberi makan ratusan kera di Wendit. Ia mengakui, sejak taman wisata Wendit dibangun menjadi kawasan wisata lebih representatif dengan berbagai fasilitas mewah, termasuk salon kecantikan, cottage, dan tempat spa, kera-kera itu kondisinya menjadi lebih baik dan gemuk karena banyak pengunjung yang memberi makanan.

Sementara itu, Ketua Jurnalis Kanjuruhan, Cahyono mengatakan, aksi sosial memberikan makan pada ratusan kera itu merupakan wujud dari keprihatinan para wartawan yang bertugas di Kabupaten Malang terhadap kondisi kera di kawasan WWP. Bagaimanapun juga, kata dia, kera yang bergelantungan di pohon-pohon yang ada di kawasan WWP merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, dia menyayangkan, populasinya semakin berkurang.

"Kami berupaya melestarikan populasi kera tersebut agar tetap bisa dijadikan ikon WWP meski ada pembangunan dan renovasi di sana-sini," katanya menambahkan.

Anggaran pemberian makanan untuk ratusan kera di WWP yang dikelola Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Malang itu rata-rata mencapai Rp500 ribu per hari untuk sekitar 300 kera tersebut. (*)

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online