20 Juni 2008

Perdagangan Satwa Liar di Sumut Makin Marak

Sumber: Detik.com, 19 Juni 2008

Jakarta

Perdagangan satwa liar yang dilindungi tampaknya tidak bisa distop. Di Sumatera Utara fenomena itu bahkan makin marak. Tahun 2007 lalu saja, sedikitnya 10 ribu ekor satwa liar diperdagangkan secara bebas di daerah itu.
Investigasi yang dilakukan Pro Fauna Indonesia (PFI) bersama International Fund For Animal Welfare (IFAW) mencatat, satwa liar itu dijual di pasar lokal hingga ke luar negeri.

Campaign Officer PFI Asep R. Purnama mengatakan, maraknya perdagangan satwa liar tidak terlepas dari keterlibatan oknum BKSDA Departemen Kehutanan Provinsi Sumut. Mereka sering memalsukan surat ijin angkut satwa.

"Oknum BKSDA biasanya mengeluarkan surat pengantar yang menyebutkan satwa yang akan diangkut bukan satwa liar di dalam surat izin angkut tumbuhan dan satwa liar," kata Asep di Hotel Garuda Plaza, Medan, Kamis (18/6/2008).

Menurut Asep, hasil investigasi juga menyebutkan pusat perdagangan satwa liar di Medan berada di kawasan Jl Bintang. Pasar ini menjual berbagai jenis satwa antara lain elang, kakaktua, kukang, owa, dan beruang madu. Harganya pun bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 1,5 juta per ekor.

Asep mengatakan, pasar Bintang juga berperan sebagai penyuplai untuk Pasar Burung Pramuka di Jakarta. Setiap 2 minggu sekali, pedagang bisa mengirim sedikitnya 300 ekor satwa ke Jakarta via bandara Polonia Medan.

Sedangkan untuk luar negeri, perdagangan satwa liar merambah ke Singapura dan Malaysia. Pengiriman dilakukan dengan cara diselundupkan melalui bandara Polonia, Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai Asahan, Batam dan Kuala Tungkal, dan Jambi.

Khusus di bandara Polonia, pelaku menempatkan barang dagangannya di bercampur dengan satwa lain yang tidak dilindungi. Agar tidak mencurigakan, operasi pengiriman biasanya dilakukan pada malam hari.

Staf khusus Menhut Irwansyah mengatakan, pihaknya akan menindak tegas oknum yang terlibat dalam penyeludupan satwa liar. Selain itu dia juga akan memeriksa Pasar Burung di kawasan Jl Bintang Medan. ( rul / irw )

Oleh: Khairul Ikhwan

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online